i love myself..

Senin, 27 Juni 2011

happy bday jakarta 2011


JAKARTA,,, siapa yang gak tau jakarta??
seluruh orang indonesia tentunya mengenal ibu kota yang satu ini.
Ya.. kali ini aku akan bercerita sedikit mengenai kota metropolitan ini.
beberapa hari lalu jakarta genap berusia 484.

sudah 484 tahun sudah kota ini berdiri.
tanggal 22 Juni 1527 jakarta mulai terbentuk dengan nama Jayakarta dan berganti menjadi batavia sampai akhirnya tahun 1942 nama batavia di ubah menjadi Jakarta oleh jepang.

Jakarta merupakan kota yang menjadi saksi bisu kekejian penjajahan pada masa Belanda dan Jepang menguasai Indonesia.
tentunya banyak sekali bangunan yang dijadikan tempat kediaman manupun pemerintahan belanda dan jepang pada masa itu..

tidak lain adalah kota tua. tempat ini kini sudah dijadikan tempat wisata, banyak sekali hantu kamera di sana (lhoo??) yang dimaksud adalah orang yang suka berfoto-foto, tentunya tempat ini sudah jauh lebih ramai ketimbang beberapa tahun lalu.

semenjak di renovasi , banyak orang mulai berbondong-bondong ke tempat ini.
masih fasih dalam ingatanku awal tahun 2011 saat tahun baru aku berkunjung bersama keluargaku ke sana.

dibayanganku tempat itu indah, menarik dan menyenangkan. namun sangat disayangkan semua bayanganku musnah saat aku turun dari mobilku.

pertama kali turun dari mobil aku sudah menginjak sebuah plastik (bekas makanan) yang bertebaran di jalanan, kemudian aku kembali melangkah, namun aku harus lebih berhati-hati dalam melangkah dikarenakan beberapa genangan hitam (aliran dari sampah) yang mengalir di pinggir trotoar. kemudian aku menghirup udara disana. astaga.. hanya tercium bau busuk yang tidak sedap.

kulanjutkan perjalananku, aku kemudian mulai menemui beberapa pedagang kaki lima di kawasan tersebut. mereka menjual aneka makanan ataupun minuman.

kemudian aku kembali berjalan tepat di alun-alun kota tua itu..
astaga.. kakiku serasa sulit melangkah..
jangankan untuk dapat menikmati pemandangan, sekedar melihat semen saja sulit. semuanya penuh sampah..
aku sungguh menyayangkan hal itu. kemudian di sana banyak sekali preman yang menggelar tikar dan tidur-tiduran di daerah itu.

disana ramai sekali. namun tidak ada satu orangpun yang peduli tentang keadaan di kawasan bangunan saksi biksu kekejian belanda ini.

aku kemudian terus berjalan. semakin banyak pedagang2 kaki lima di sana. dan semakin keruh pula pemandangannya.

kemudian aku membeli sebotol air mineral untuk melepas dahaga.
dan ketika sudah habis aku berniat membuang botol minuman tersebut di tong sampah. aku berjalan untuk mencari keberadaan tong sampah..
namun sangat aneh. tong sampah malah dijadikan alas untuk menjajakan dagangan oleh beberapa pedagang kaki lima.

kekecewaanku tidak berhenti sampai disitu.
aku melihat tembok-tembok bangunan itu sangat kumuh. ulah dari tangan-tangan nakal yang tidak bertanggung jawab membuat banyak oretan di tembok itu.
dan lebih disayangkan oretan tersebut mengandung kata2 kasar (jorok).
hanya beberapa bangunan yang masih terlihat lumayan bagus.

seperti itulah keadaan kota tua pada saat tahun baru..
sangat disayangkan ..

potretanku mengenai buruknya kota tua adalah satu di antara banyaknya keburukan yang melanda kota prasejarah ini.

bila ditanya apa yang terkenal dari jakarta pastinya jawabannya adalah MALL.
padahal terdapat lebih dari 49 museum di jakarta (yang saya ketahui).
namun mungkin orang jauh lebih tertarik pada Mall yang berdiri megah di banding museum yang banyak menyimpan sejarah.

aku mengajak kalian menyorot salah satu museum dijakarta.
"kala itu aku berjalan di sekitar daerah senen jakarta. kemudian aku bertanya pada seorang ojek di dekat stasiun, untuk menanyakan letak Museum Husni tamrin. namun semua ojek tidak tau bahkan mereka mengatakan tidak ada museum di daerah itu. padahal ada museum di sana. kemudian setelah aku temukan ternyata gerbang museum itu tidak jauh dari tempat pembuangan sampah masyarakat sekitar. lebih disayangkan sedikit sekali pengunjung disana. padahal terdapat lebih dari 200 benda prasejarah. dan tiket nya sangat murah hanya 600,- (anak-anak), 1000,-(mahasiswa) dan 2000,- untuk dewasa. jauh lebih murah ketimbang di Mall. di Mall parkir satu jam kendaraan pribadi 2000,-. sedangkan orang biasa menghabiskan lebih dari 1 jam yang artinya diatas 4000,-."

sungguh, sangat disayangkan..
kabar buruk lain mengunjung Museum di indonesia hanya 4,56 juta pada tahun 2006, dan pada tahun 2008 hanya 4,17 juta pengunjung. penurunan yang sangat drastis. aku masih belum mendapat data pengunjung museum 2010. namun menurut data yang ku peroleh tiap tahun pengunjung museum terus mengalami penurunan tajam.

sebaliknya.. mall di jakarta terus meningkat mengunjungnya.. bahkan sampai 11 juta orang pertahunnya. dan menurut sumber terpecaya setiap orang di mall sedikitnya menghabiskan 194.000,- (setelah di akumulasi dan dirata2kan).
sedangkan museum hanya tinggal menyediakan 5.000,- rupiah sudah dapat menikmati perjuangan indonesia pada masa lampau.

Jakarta juga kini sudah penuh dengan kendaraan bermotor.. yang kembali berdampak dengan kemacetan, serta polusi. selain itu jakarta kini terkenal dengan ledakan penduduk yang berdampak pada timbulnya lingkungan kumuh, kemiskinan, pengangguran dan angka kriminalitas yang tinggi.

sangat disayangkan.. jakarta ibu kota negara sudah sangat buruk sekarang.

di umur ke 484.. aku hanya berharap.. jakarta dapat kembali lahir baru sebagai kota yang indah.#prayforjakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar